TMMD Ke-104 Kodim 0615/Kuningan Resmi Dibuka

TMMD Ke-104 Kodim 0615/Kuningan Resmi Dibuka

Kuningan,- Danrem 063/SGJ Kolonel Arm Maryudi dampingi Kasdam III/Siliwangi Brigjen TNI Nurchahyanto dalam kegiatan pembukaan TMMD ke-104 TA 2019 yang dilaksanakan di Lapangan Desa Legokherang Kec Cilebak Kab Kuningan, Selasa (26/2).

TMMD ke-104 mengangkat tema ‘Melalui TMMD Kita Tingkatkan Kebersamaan Umat Serta Semangat Gotong Royong Dalam Kehidupan Berbangsa Dan Bernegara Guna Mewujudkan Ketahanan Nasional’.

Bupati Kuningan H Acep Purnama selaku Inspektur Upacara pembukaan TMMD ke-104 TA 2019 mengatakan, kemajuan dan perkembangan jaman serta teknologi saat ini timbul berbagai dampak, baik positif maupun negatif.

Beberapa dampak yang kurang baik bagi bangsa Indonesia yaitu hilangnya rasa gotong royong, kekeluargaan dan kebersamaan. Terutama di wilayah pedesaan yang selama ini sangat kental dengan nilai-nilai tersebut.

“TNI sebagai bagian dari masyarakat berinisiatif mengajak lagi meningkatkan dan memelihara rasa gotong royong, kebersamaan dan kekeluargaan tersebut melalui kegiatan TMMD,” ungkap Acep.

Sebagaimana diketahui, TMMD merupakan program terpadu lintas sektor baik pusat maupun daerah yang dilaksanakan dengan masyarakat khusunya untuk daerah-daerah yang terpencil, cenderung tidak tersentuh dan banyak terjadi bencana.

“Kegiatan TMMD diprioritaskan di daerah terpencil dan tertinggal yang belum tersentuh oleh pemerintah, demi terwujudnya kemandirian dan kemajuan masyarakat,” menurut Acep.

Pihaknya berharap, dengan meningkatnya sarana dan prasarana yang dibangun saat ini dapat memberikan nilai positif dan dapat memberikan kemandirian bagi masyarakat serta dapat memajukan masyarakat,

“Tingkatkan semangat kebersamaan dan kemanunggalan dengan TNI, tingkatkan semangat gotong royong dalam upaya membangun dalam semua bidang yang bersama dengan lembaga desa dan tokoh masyarakat serta organisasi keagamaan,” pinta Acep.

Disebutkannya, hasil karya yang sudah terbangun dan tercipta dari program TMMD ini agar dirawat dan dijaga oleh masyarakat sekitar.

“Mari bersama sama kita menyongsong hari depan yang lebih baik dan penuh dengan kebersamaan serta semangat gotong royong,” imbaunya.

Danrem 063/SGJ Kolonel Arm Maryudi melalui Kapenrem 063/SGJ Mayor Inf Juhok Sukmawan mengatakan, sasaran dari TMMD adalah sarana dan prasarana untuk menunjang kegiatan masyarakat seperti cor rabat laburan aspal jalan (1.610 M × 2,5 M), pengaspalan/latasir laburan aspal (1,999 M × 2,5 M), galian tanah/pelebaran badan jalan (2,228 M) serta Pembongkaran gorong-gorong.

“TPT dan riol (2 titik), Pembongkaran TPT (3 titik), Rehab ringan Mushola (2 unit), pembuatan pos kamling (3 unit), rehab ringan sekolah dasar (2 unit), pemasangan JPU (18 titik), rutilahu (12 unit), jambanisasi (12 unit), pembuatan bak tempat sampah (1 unit), pembuatan irigasi (1 unit), pembuatan gapura desa (1 unit), penanaman pohon keras dan pohon buah buahan 2.000 batang,” sebutnya.

Pembukaan TMMD ke-104 TA 2019 ini dihadiri oleh Kasdam III/SLW Brigjen TNI Nurchahyanto, Danrem 063/SGJ Kolonel Arm Maryudi, Bupati Kuningan H Acep Purnama, Irdam III/SLW Kolonel Inf Gausudin Amin Yusuf, Asrendam III/SLW Kolonel Inf Otto, Kainfolahtadam III/SLW Letkol Arm Yani, Dandim 0615/Kuningan Letkol Inf Daru Cahyadi Soeprapto, para Dandim jajaran Korem 063/SGJ, Dandenpom Cirebon Letkol Cpm Zainal, Danyon Arhanudse 14 Mayor Arh Ridwan, Dandenkesyah Letkol Ckm Handi H, Kapolres Kuningan AKBP Iman Setiawan, Kajari Kuningan Adhyaksa Dharma Yuliano, Kasatpol PP Kuningan, Kades Legokherang Mulyadi, Masyarakat dan tamu undangan dengan jumlah hadir kurang lebih 1.000 orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *