Sejarah Awal Pembentukan Kodim 0615/Kuningan

Berdasarkan Instruksi MBAD Nomor : 1/MBKD/48 tanggal 28 Desember 1948, mengenai pembentukan pemerintah militer, maka KGRM menggunakan kembali kodenya yaitu Yon 1/XIII/IV Siliwangi. Batalyon ini tetap dipimpin oleh Mayor Rukman yang merangkap sebagai Komandan Sub Teritorial Commando ( STC ). Selain itu, dibentuk pula Komando Militer Daerah (KMD) yang wilayahnya meliputi Karesidenan Cirebon, yaitu Kabupaten Kuningan, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Indramayu dan Kota Cirebon.

Disetiap Kabupaten dibentuk KDM-KDM singkatan dari Komando Distrik Militer, dan ditiap-tiap Kecamatan dibentuk KODM-KODM singkatan dari Komando Order Distrik Militer.

Pada masa awal pembentukan, KDM Kabupaten Kuningan berada dibawah kepemimpinan Letnan Inf. Djadjang Sudirdja, membawahi dan mengkoordinir 14 KODM, yang terdiri dari:

  1. KODM Kuningan dibawah pimpinan Serma Kucit (Ahmad Safari)
  2. KODM Kadugede dibawah pimpinan Serma Masyari.
  3. KODM Ciniru dibawah pimpinan Arisanda.
  4. KODM Garawangi di bawah pimpinan Letnan Bian.
  5. KODM Cilimus di bawah pimpinan Letnan Djaya Sakti.
  6. KODM Jalaksana di bawah pimpinan Guriang Geledek .
  7. KODM Mandirancan di bawah pimpinan Serma Sartono .
  8. KODM Ciawigebang di bawah pimpinan Serma Suharto.
  9. KODM Lebakwangi di bawah pimpinan Serma Udin ( Gede )
  10. KODM Cidahu di bawah pimpinan Letnan Emon Saman.
  11. KODM Luragung di bawah pimpinan Letnan Kuswali.
  12. KODM Cibingbin di bawah pimpinan Serma Untung.
  13. KODM Ciwaru di bawah pimpinan Letnan Ali Suprapto
  14. KODM Subang dibawah pimpinan Letnan Hendrik.

Pada saat itu KDM Kuningan berkedudukan/beralamat di Jalan Siliwangi Kabupaten Kuningan, yang pada saat ini lokasi tersebut dikenal dengan Gedung Sanggariang. Dan nama KDM berubah menjadi Perwira Distrik Militer. Dalam perjalanan selanjutnya, sesuai Surat Keputusan Pangdam VI/Siliwangi Nomor KPTS 81/A/2/1960 tanggal 6 Juli 1960 dari Resimen INF 9/ Sunan Gunung Jati menjadi Komando Resort Militer Cirebon/Sunan Gunung Jati pada tanggal 1 Juli 1963 dirubah menjadi Komando Resort Militer 063/Sunan Gunung Jati. Maka terkait dengan hal tersebut diatas, sejak 8 Desember 1963, nama Perwira Distrik Militer Kuningan di ubah menjadi Kodim 0615/Kuningan. Dan nama KODM dirubah menjadi Komando Rayon Militer ( disingkat: Koramil ). Selanjutnya pada tahun 1984 Kodim 0615/Kuningan pindah alamat ke bangunan baru, di Jalan RE.Martadinata No.97 Kelurahan Ciporang Kec/Kab.Kuningan, sampai dengan sekarang.