Danrem 063/SGJ Tinjau Perkembangan Pembangunan IPAL

Danrem 063/SGJ Tinjau Perkembangan Pembangunan IPAL

KODIM 0615/KNG – Danrem 063/SGJ Kolonel Inf Elkines Villando Dewangga K, S.A.P., meninjau pelaksanaan program TMMD ke – 111 yang dilaksanakan di Desa Jamberama, Kecamatan Selajambe, Kabupaten Kuningan, Selasa (22/6/2021).

Dihari ketujuh pelaksanaan program TMMD ke – 111 TA 2021 ini, Danrem 063/SGJ yang didampingi Dandim 0615/Kuningan Letkol Czi David Nainggolan beserta rombongan, meninjau pembangunan IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah) skala pemukiman 25 KK di Dusun Cilimus RT 02 RW 02 Desa Jamberama.

Tampak hadir dalam kunjungan Danrem 063/SGJ ke lokasi TMMD Pasi bakti Ter Korem 063/Sgj Mayor Inf Shulkan, Kapenrem 063/SGJ Mayor Inf Uci Karlan, Dan SSK TMMD ke 111 Jamberama th 2021 Kapten Kav Suharto, jajaran perwira Kodim 0615/Kng, Kabid jasa dan kontruksi Dinas PUTR kab kng Asep ST, Kabid jalan dan jembatan Dinas PUTR kab kng ( Tedi Sukmajayadi ST, Kasi penyehatan lingkungan Dinas PUTR kab kng Nur Jamiludin ST, Camat Salajambe ( Deni Hamdani M.Si, Kepala Desa Jamberama Suryaka S.pd

Pembangunan Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) skala pemukiman 25 KK ini, masih tahap pelansiran material dan pembersihan lokasi, atau baru mencapai 81%.

“Pembangunan IPAL ini, memang nilai strategisnya adalah satu, yaitu setelah adanya IPAL tidak akan mencemari sungai yang ada dibawahnya. Karena kalau sungai sudah tercemar sumber airpun sudah tidak ada,” kata Danrem Elkines

Dijelaskan Danrem, pembangunan IPAL ini adalah untuk menampung limbah dari kotoran WC, limbah cucian, ataupun limbah rumah tangga lainnya yang nantinya diolah kemudian keluarnya air bersih.

“Yang namanya limbah kalau tidak dikelola dengan baik, ini akan berdampak dan mengganggu masyarakat sekitar. Bukan saja bagi kesehatan tapi bisa mengganggu ketertiban, keindahan dan kenyamanan bagi lingkungan itu sendiri,” ujarnya.

Danrem berharap, dengan dibangunnya IPAL warga Dusun Cilimus Desa Jamberama akan dengan mudah membuang limbah rumah tangganya.
“Kondisi lingkungan akan menjadi bersih dan terbebas dari wabah penyakit yang yang ditimbulkan dari limbah tersebut,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *